Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

IM JAPAN 日本語テキストⅠ Bab 4 : Membaca dan Memahami (どっかい)

Yahalo!

Masih bersama saya Mergana di blog Mergana. Pada kesempatan yang lalu saya telah mengupas penggunaan Pola Kalimat yang saya bagi menjadi Part 1 dan Part 2, dan Kosakata dalam Percakapan sehari-hari. Nah, pada kali ini, saya akan membahas dan menerangkan tentang Membaca dan Memahami (どっかい) materi yang ada di buku IM JAPAN ()(ほん)()テキストⅠ Bab 4. Namun, berbeda dengan sebelumnya, mulai dari Bab 4 dan seterusnya, disamping saya akan menerangkan artikel, saya juga akan membahas mengenai pertanyaan-pertanyaan terkait artikel tersebut. Nah, mari kita simak dibawah ini

 

(げつ)(よう)()から()(よう)()まではたらきます。

 

A.      アグスさんは(けん)(しゅう)(せい)です。

(げつ)(よう)()から()(よう)()まではたらきます。(にち)(よう)()に休みます。

しごとは8()から5()(はん)までです。

(ひる)(やす)みは12()から12()45(ふん)までです。

 

B.     さとうさんは(がく)(せい)です。(まい)(にち)べんきょうします。

じゅぎょうは9()からです。4()におわります。

さとうさんは(よる)もべんきょうします。

きのうの(ばん)は7()から9()(はん)までべんきょうしました。

(こん)(ばん)は8()から10()までべんきょうします。

 

C.    ダダンさんはけさ、7()におきました。

()から6()まではたらきました。

ダダンさんは今日(きょう)、べんきょうしませんでした。

(よる)11()にねました。

 

しつもん

1.      アグスさんは(なん)(よう)()から(なん)(よう)()まではたらきますか。

2.      (ひる)(やす)みは(なん)()から(なん)()までですか。

3.      じゅぎょうは(なん)()から(なん)()までですか。

4.      さとうさんはきのうの(よる)(なん)()から(なん)()までべんきょうしましたか。

5.      ダダンさんはけさ、(なん)()におきましたか。

6.      ダダンさんは(よる)(なん)()にねましたか。

 

Oke, mari kita bahas satu persatu

A.      アグスさんは(けん)(しゅう)(せい)です。

(げつ)(よう)()から()(よう)()まではたらきます。(にち)(よう)()に休みます。

しごとは8()から5()(はん)までです。

(ひる)(やす)みは12()から12()45(ふん)までです。

  • アグスさんは(けん)(しゅう)(せい)です。

Agus adalah seorang pemagang

Pada kalimat ini menggunakan Pola Kalimat dasar yaitu 「~はAです。」untuk menyatakan Predikat dari Kata Benda. Dalam hal ini, アグスさん berperan sebagai Kata Benda dan (けん)(しゅう)(せい) berperan sebagai Predikat

  • (げつ)(よう)()から()(よう)()まではたらきます。(にち)(よう)()に休みます。

(Agus) bekerja dari Senin sampai Sabtu. Hari Minggu libur

Kalimat pertama menggunakan Pola Kalimat 「~から~まで」 untuk menunjukkan rentang waktu, disusul dengan Kata Kerja bentuk ~ます yang menandakan Kebiasaan, karena dikerjakan dan masih berlaku hingga sekarang (sampai saat ini, Agus masih bekerja dari Senin sampai Sabtu)

Kalimat kedua menyatakan bahwa pada hari Minggu libur yang menggunakan Kata Kerja bentuk ~ますseperti kalimat sebelumnya, yang menandakan libur tersebut adalah Kebiasaan dan masih berlaku sampai sekarang.

  • しごとは8()から5()(はん)までです。

Pekerjaannya dari jam 8 sampai jam 5.30

Subyek dalam kalimat ini beralih menjadi しごと yang berarti Pekerjaan. Dengan menggunakan Pola Kalimat 「~から~まで」 untuk menunjukkan rentang waktu, maka bisa disimpulkan bahwa pekerjaannya dimulai dari pukul 8 dan selesai pukul 5.30

  • (ひる)(やす)みは12()から12()45(ふん)までです。

Istirahat siangnya dari jam 12 sampai jam 12.45

Masih menggunakan Pola Kalimat yang sama dengan diatas, yaitu 「~から~まで」 yang menunjukkan rentang waktu, hanya saja rentang waktu yang dimaksud dalam kalimat diatas adalah mengenai istirahat siang

Jadi, kalau kita gabungkan serpihan informasi-informasi diatas, kita mendapat kesimpulan bahwa :

Agus adalah seorang pemagang. Dalam seminggu, dia bekerja selama 6 hari, mulai dari Senin sampai Sabtu, dan Minggunya libur. Dia mulai bekerja pukul 8 dan selesai pukul 5.30. Di sela-sela pekerjaannya, dia menikmati waktu istirahat siang selama 45 menit yaitu mulai dari pukul 12 sampai pukul 12.45

 

B.     さとうさんは(がく)(せい)です。(まい)(にち)べんきょうします。

じゅぎょうは9()からです。4()におわります。

さとうさんは(よる)もべんきょうします。

きのうの(ばん)は7()から9()(はん)までべんきょうしました。

(こん)(ばん)は8()から10()までべんきょうします。

  • さとうさんは(がく)(せい)です。(まい)(にち)べんきょうします。

Satou adalah seorang pelajar. Setiap hari (Satou) belajar

Kalimat pertama menggunakan Pola Dasar 「~はAです。」 untuk menjelaskan Predikat dari Subyek.  Dengan Satou sebagai Subyek dan pelajar sebagai Predikat, menjelaskan bahwa Satou adalah seorang pelajar/siswa

Kalimat kedua menggunakan Kata Kerja bentuk ~ます yang menunjukkan Kebiasaan. Dinamakan kebiasaan karena dikerjakan berulang kali. Dalam hal ini, Satou belajar setiap hari, bahkan hingga saat ini

  • じゅぎょうは9()からです。4()におわります。

Pelajarannya dair jam 9. (Pelajarannya) selesai pada jam 4

Pola Kalimat di kalimat pertama digunakan untuk menunjukkan waktu mulai dari kegiatan. Lalu, di kalimat kedua, dengan berbekal Kata Kerja bentuk ~ます yang menunjukkan Kebiasaan, bisa dipahami kalau pelajaran yang diterima Satou dimulai pukul 9 dan biasanya berakhir pukul 4

  • さとうさんは(よる)もべんきょうします。

Satou juga belajar di malam hari

Penggunaan Pola Kalimat 「も~」 menunjukkan kesamaan Predikat dengan kalimat sebelumnya. Dalam kalimat tersebut 「べんきょうします」 berperan sebagai Predikat, dan hal itu sama dengan Predikat yang ada di Kalimat Pertama. Pola Kalimat 「も~」menandakan bahwa di malam haripun Satou juga belajar

  • きのうの(ばん)は7()から9()(はん)までべんきょうしました。

Kemarin malam (Satou) belajar dari jam 7 sampai jam 9.30

Terdapat Keterangan Waktu di kalimat ini, yaitu 「きのうの(ばん) , disusul dengan Kata Kerja bentuk ~ました yang berarti Lampau, atau kejadian yang sudah terlewat. Dan sesuai dengan pengertian Lampau, maka pada saat ini Satou sudah tidak dalam keadaan belajar

  • (こん)(ばん)は8()から10()までべんきょうします。

Malam ini (Saotu) akan belajar dari jam 8 sampai jam 10

Berbeda dengan kalimat diatas, kalimat ini menggunakan Kata Kerja bentuk ~ますyang menunjukkan “akan”. Dinamakan “akan” karena belum terjadi. Dengan demikian, dalam kalimat ini menunjukkan keinginan Satou bahwa malam ini dia akan belajar dari pukul 8 sampai pukul 10

Maka dari itu, berdasarkan beberapa potongan informasi diatas, kita bisa menyimpulkan bahwa :

Satou adalah seorang pelajar, dan dia memiliki kebiasaan belajar setiap hari. Dia belajar di sekolah selama 6 jam, yaitu dari pukul 9 sampai pukul 4. Namun, tidak hanya itu, di malam hari pun dia juga belajar. Kemarin malam dia belajar dari jam 7 sampai 9.30, dan malam ini dia akan belajar dari jam 8 sampai jam 10

 

C.    ダダンさんはけさ、7()におきました。

()から6()まではたらきました。

ダダンさんは今日(きょう)、べんきょうしませんでした。

(よる)11()にねました。

  • ダダンさんはけさ、7()におきました。

Tadi pagi, Dadang bangun jam 7

Terdapat keterangan waktu berupa けさyang bermakna tadi pagi, dan karena hal itu telah terlewat maka Kata Kerja yang digunakan adalah bentuk ~ました. Hal ini juga menguatkan bahwa pada saat ini, Dadang sudah tidak dalam keadaan bangun tidur, bisa jadi dia mengerjakan aktivitas lain

  • ()から6()まではたらきました。

(Dadang) bekerja dari jam 9 sampai jam 6

Dengan menggunakan Pola Kalimat 「~から~まで」 yang menandakan rentang waktu, disertai dengan Kata Kerja bentuk ~ました maka bisa diketahui bahwa Dadang bekerja dari jam 9 sampai jam 6 di waktu lampau

  • ダダンさんは今日(きょう)、べんきょうしませんでした。

Hari ini, Dadang tidak belajar

Dalam kalimat ini terdapat keterangan waktuyakni 今日(きょう) yang berarti hari ini , namun kalau kita mengamati bentuk Kata Kerja yang berupa ~ました yang memiliki arti lampau negatif, berarti kalimat ini memberitahukan kita bahwa pada hari itu, Dadang tidak belajar. Penggunaan kata 今日(きょう) juga bisa digunakan untuk menunjuk waktu selama hari itu, baik itu pagi, siang, sore, bahkan malam juga termasuk. Mungkin, pada waktu biasanya dia belajar, pada hari itu tidak belajar

  • (よる)11()にねました。

Malamnya, (Dadang) tidur jam 11

Masih membahas mengenai Dadang, diketahui bahwa dia tidur pada jam 11 malam. Namun, perlu diperhatikan Kata Kerja bentuk ~ました yang memiliki bentuk lampau, berarti pada saat itu Dadang sudah tidak lagi dalam keadaan tidur

Jadi, dari teks diatas, kita bisa mendapat informasi bahwa :

Pagi ini, Dadang bangun jam 7, lalu dia berangkat dan bekerja dari jam 9 sampai jam 6. Dan hari itu, Dadang tidak belajar. Dadang tidur pukul 11 malam

Nah, itu adalah pecahan-pecahan informasi dari teks bacaan diatas. Sekarang mari kita bahas pertanyaan-pertanyaan mengenai teks tersebut

1.      アグスさんは(なん)(よう)()から(なん)(よう)()まではたらきますか。

Agus biasa bekerja dari hari apa sampai hari apa?

Berdasarkan teks diatas, kita tau bahwa Agus bekerja dari Senin sampai Sabtu, dan libur di hari Minggu. Maka, jawaban dari pertanyaan ini adalah (げつ)(よう)()から()(よう)()まではたらきます。」

2.      (ひる)(やす)みは(なん)()から(なん)()までですか。

Istirahat siangnya dari jam berapa sampai jam berapa?

Masih membahas seputar Agus, dan dari teks diatas kita tau bahwa Agus mendapatkan waktu istirahat siang selama 45 menit, yaitu dari pukul 12 sampai pukul 12.45. Maka, jawaban dari pertanyaan ini adalah 「12()から12()45分までです。」

3.      じゅぎょうは(なん)()から(なん)()までですか。

Pelajarannya dari jam berapa sampai jam berapa?

Pertanyaan ini menyangkut tentang Satou yang menjadi seorang pelajar/siswa. Disebutkan bahwa Satou belajar di sekolah dari pukul 9 sampai pukul 4, maka jawaban dari pertanyaan ini adalah 「9()から4()までです。」

4.      さとうさんはきのうの(よる)(なん)()から(なん)()までべんきょうしましたか。

Satou pada kemarin malam, belajar dari jam berapa sampai jam berapa?

Karena ini sifatnya telah lewat/lampau, maka yang perlu diperhatikan adalah Kata Kerja bentuk ~ました. Di dalam teks diatas, telah diketahui bahwa kemarin malam Satou belajar dari jam 7 sampai jam 9.30 malam. Jadi, jawaban dari pertanyaan ini adalah 「7()から9()(はん)までべんきょうしました。」

5.      ダダンさんはけさ、(なん)()におきましたか。

Tadi pagi, Dadang bangun jam berapa?

Karena pertanyaan ini juga menggunakan Kata Kerja bentuk ~ました yang menunjukkan waktu lampau, secara tidak langsung juga menyatakan bahwa saat itu Dadang sudah tidak dalam keadaan bangun tidur. Bisa jadi sedang melakukan aktivitas lain. Nah, pada teks diatas, kita tau bahwa pagi ini Dadang bangun pukul 7, maka jawaban dari pertanyaan tersebut adalah 「7()におきました。」

6.      ダダンさんは(よる)(なん)()にねましたか。

Malamnya, Dadang tidur jam berapa?

Disini disebutkan pertanyaan dengan menggunakan Kata Kerja bentuk ~ました yang berarti lampau. Secara tidak langsung, pertanyaan ini menunjukkan bahwa saat itu Dadang sudah tidak lagi dalam keadaan bangun dari tidur. Dan menilik dari teks diatas, disebutkan bahwa pada malamnya, Dadang tidur jam 11. Jadi, jawaban dari pertanyaan ini adalah 「11()にねました。」

Nah, itu adalah pembahasan mengenai latihan Membaca dan Memahami (どっかい) yang ada di Bab 4 buku IM JAPAN ()(ほん)()テキストⅠ. Tidak hanya berupa memahami materi bacaan, namun juga harus mampu memberikan jawaban atas pertanyaan terkait bacaan tersebut. Oke, mungkin cukup sekian saja pembahasan materi kali ini, jangan lupa untuk memberikan kritik dan saran sebagai sarana pengembangan blog Mergana ini agar bisa menjadi lebih baik lagi. Sekian dan sampai jumpa di postingan selanjutnya

Posting Komentar untuk "IM JAPAN 日本語テキストⅠ Bab 4 : Membaca dan Memahami (どっかい)"